ISI Denpasar | Institutional Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CATUR MEGURU DALAM PEMBELAJARAN GENDER WAYANG DI SLB NEGERI 1 BADUNG

Ni Ketut, Fenty and I Gede, Mawan and I Wayan, Diana Putra (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CATUR MEGURU DALAM PEMBELAJARAN GENDER WAYANG DI SLB NEGERI 1 BADUNG. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.

[img] PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CATUR MEGURU DALAM PEMBELAJARAN GENDER WAYANG DI SLB NEGERI 1 BADUNG)
Download (47kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Catur Meguru Dalam Pembelajaran Gender Wayang di SLB Negeri 1 Badung.Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang proses pembelajaran Gender Wayang, hasil pembelajaran Gender Wayang menggunakan model pembelajaran Catur Meguru, dan faktor penghambat proses pembelajaran Gender Wayang di SLB Negeri 1 Badung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan tentang pembelajaran Gender Wayang dengan menggunakan model pembelajaran Catur Meguru di SLB Negeri 1 Badung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori belajar, teori pembelajaran, teori estetika, Gender Wayang dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran. Sumber data penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan (1) Proses pembelajaran Gender Wayang dengan model pembelajaran Catur Meguru menggunakan 4 (empat) tahap yaitu: Tahap persiapan ada sumber pembelajaran, media pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, tujuan pembelajaran, tahap penyampaian, tahap latihan ada kegiatan inti dan kegiatan akhir, tahap penampilan, (2) Hasil pembelajaran Gender Wayang menggunakan model pembelajaran Catur Meguru, peserta didik memperoleh nilai tinggi A (amat baik). (3) Faktor penghambat dibagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal tersebut antara lain minat siswa, bakat siswa, perhatian, intelegensi atau kecakapan, keingintahuan, kebutuhan. Faktor eksternal adalah sesuatu yang membuat siswa berminnat yang datangnya dari luar diri seperti sarana, relasi dengan siswa. Kata Kunci: Penerapan, model pembelajaran, karawitan Bali, catur meguru, dan gender wayang.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Performing Arts Faculty > Theatre Dance and Music
Depositing User: Jayasemadi
Date Deposited: 28 Jun 2021 02:10
Last Modified: 28 Jun 2021 02:10
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/4199

Actions (login required)

View Item View Item