Dewa Ayu, Lingga Saridewi and I Nyoman, Artayasa and A.A Gde Bagus, Udayana (2022) Metode Pembelajaran Anak Usia Dini pada Happy Kidz Early Learning Centre (Early Children's Learning Methods in Happy Kidz Early Learning Center). Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.
PDF (Metode Pembelajaran Anak Usia Dini pada Happy Kidz Early Learning Centre (Early Children's Learning Methods in Happy Kidz Early Learning Center))
Download (262kB) |
Abstract
Pendidikan anak usia dini merupakan tahap yang paling penting. Penelitian ini mengungkapkan bagaimana proses belajar-mengajar serta metode pembelajaran yang digunakan di Happy Kidz Early Learning Centre yang merupakan merupakan pusat pendidikan anak usia dini yang menerima anak dari jenjang umur 2-6 tahun dengan beragam kewarganegaraan, baik Indonesia maupun asing. Dari data-data yang diperoleh dapat diketahui bahwa proses belajar-mengajar pada Happy Kidz Early Learning Centre berlangsung mulai dari hari Senin sampai dengan hari Jumat dengan jumlah kelas yang berbeda berlangsung selama kurang lebih 30 menit. Metode pembelajaran yang digunakan pada Happy Kidz Early Learning Centre terdiri dari beragam metode, diantaranya adaptasi metode pembelajaran Constructive Learning dan metode Montesori. Dari adaptasi kedua metode ini ditemukan metode EEK (Eksplorasi, Elaboral, dan Kesimpulan). Dalam pelaksanaannya, beberapa metode lain pun digunakan yakni Introduction, Playing Games dan Review. Metode-metode inilah yang dirasa tepat digunakan dalam proses belajar-mengajar Happy Kidz Early Learning Centre mengingat visi dan misi daripada sekolah serta kebutuhan anak. Kata Kunci : Pendidikan, Metode pembelajaran, Anak Usia Dini.
Item Type: | Monograph (Working Paper) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department |
Depositing User: | Jayasemadi |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 06:58 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 06:58 |
URI: | http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/4789 |
Actions (login required)
View Item |