ISI Denpasar | Institutional Repository

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL UNTUK BRANDING PRODUK TOKO PAKAIAN ADAT BALI SEMUT API DI BADUNG

Ni Made Ayu, Dwika Saraswati and Ida Ayu, Dwita Krisna Ari and I Wayan, Nuriarta and Putu, Wahyuning Sri Purnami (2022) PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL UNTUK BRANDING PRODUK TOKO PAKAIAN ADAT BALI SEMUT API DI BADUNG. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.

[img] PDF (PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL UNTUK BRANDING PRODUK TOKO PAKAIAN ADAT BALI SEMUT API DI BADUNG)
Download (1MB)

Abstract

Toko Semut Api merupakan usaha jasa yang menjual dan membuat berbagai pakaian adat bali dengan banyak pilihan motif kain yang sedang menjadi trend. Adapun permasalahan yang dikaji merupakan brand identitas dari produk Toko Semut Api tersebut tidak terciptanya identitas visual yang berkonsep, selain itu permasalahan yang didapatkan pada produk Toko Semut Api merupakan kurangnya pengetahuan dalam mempromosikan produk itu sendiri. Maka dari itu penulis merancang branding pada produk Toko Semut Api, membuat inovasi dengan cara membuat dan merancang media komunikasi visual yang diperlukan untuk mendukung kegiatan promosi produk dan meningkatkan eksistensinya. Metode yang digunakan pada perancangan ini yaitu metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer yang dilakukan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data sekunder dilakukan melalui tahapan studi literatur yang sesuai dengan topik perancangan. Hasil analisis data tersebut dilakukan untuk memahami konsep perancangan dasar desain, sehingga dapat menghasilkan ide desain baru yang bertujuan bisa meningkatkan efesiensi dan kualitas pada citra produk saat promosi yang diimplementasikan melalui media komunikasi visual seperti logo, papan nama, hangtag, kartu nama dan paper bag. Kesimpulan dari perancangan ini bertujuan memperkuat identitas visual dari produk Toko Semut Api berdasarkan permasalahan yang terdapat pada Toko Semut Api dengan harapan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut sehingga dapat memberikan citra yang baik pada masyarakat. Kata Kunci : Toko Pakaian Adat Semut Api, Branding, Media Promosi, Desain Komunikasi Visual.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
Depositing User: Jayasemadi
Date Deposited: 11 Jul 2022 03:42
Last Modified: 11 Jul 2022 03:42
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/4877

Actions (login required)

View Item View Item