Ni Luh, Mia Cahaya Pramesti and Ni Ketut, Pande Sarjani and Alit Kumala, Dewi (2024) PERANCANGAN BOARD GAMES BERTEMAKAN BUDAYA NUSANTARA SEBAGAI PERMAINAN EDUKATIF ANAK-ANAK. Documentation. ISI Denpasar, Denpasar Bali.
PDF
Download (321kB) |
Abstract
Permainan edukatif adalah permainan yang mampu merangsang dan melatih perkembangan otak anak serta menstimulasi kreatifitas berfikir anak. Peristiwa yang terjadi saat ini yakni anak yang lebih banyak menghabiskan waktunya dengan gadget, menonton video game, dan menonton televisi. Kurang adanya pemahaman dan edukasi dari orang tua yang membiarkan anaknya bermain gadget juga menjadi faktor menghambat perkembangan otak anak dan mengurangi komunikasi anak terhadap lingkungan sekitarnya. Selain itu pembelajaran mengenai kebudayaan nusantara sudah diajarkan di pendidikan sekolah, hanya saja anak-anak mempelajari ragam budaya melalui buku yang mengakibatkan minat belajar rendah karena pembelajaran tentang budaya nusantara yang bersifat monoton. Berdasarkan hal tersebut dibutuhkan peran Desain Komunikasi Visual untuk membantu orangtua dalam mengenalkan kebudayaan Nusantara kepada anak-anak dengan tujuan untuk mengetahui media yang efektif sebagai sarana permainan edukatif bagi anak-anak yaitu berupa boardgame. Metode dikumpulkan melalui wawancara, obervasi, kepustakaan dan dokumentasi. Metode tersebut dianalisis dengan teori 5W + 1H. Media yang efektif dan inovatif yang digunakan dalam tugas akhir ini yaitu boardgame, kemasan board game, pion dan tote bag. Kata kunci: Permainan Edukatif,Permainan papan,Kebudayaan Nusantara
Item Type: | Monograph (Documentation) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department |
Depositing User: | KOMANG AYU SEPTIARI |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 06:23 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 06:23 |
URI: | http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/5582 |
Actions (login required)
View Item |