ISI Denpasar | Institutional Repository

PERANCANGAN ASET 2D PADA GAME “GOM” DI MIRACLE AKADEMI

Ni Made, Sunia Aura Dini and Ni Ketut, Pande Sarjani and Gede Bayu, Segara Putra (2025) PERANCANGAN ASET 2D PADA GAME “GOM” DI MIRACLE AKADEMI. ISI Denpasar.

[img] PDF
Download (767kB)

Abstract

Game merupakan aktivitas yang bertujuan untuk hiburan, pendidikan, atau kesenangan, dan industri game terus berkembang pesat, khususnya pada platform mobile. Berdasarkan laporan Newzoo Global Games Market Report (2023), lebih dari 60% dari 3,2 miliar pemain game dunia adalah pemain game mobile. Salah satu aspek utama dalam pengembangan game adalah aset visual 2D, yang mencakup karakter, latar belakang, animasi, dan elemen lainnya. Aset ini memainkan peran penting dalam mendefinisikan estetika dan pengalaman bermain, sering kali mengadopsi prinsip Desain Komunikasi Visual (DKV) seperti simplicity, balance, dan unity.Laporan ini membahas pengalaman penulis sebagai artist 2D dalam mengembangkan aset untuk game "GOM" (kumpulan mini game offline). Aset yang dikerjakan meliputi pembuatan sprite sheets untuk animasi, desain background, dan karakter. Selain itu, laporan ini mengkaji tantangan selama pengembangan dan solusi yang diterapkan, dengan fokus pada implementasi teori DKV dalam menciptakan elemen visual yang menarik dan fungsional. Kata Kunci: Game mobile, aset 2D, Desain Komunikasi Visual (DKV)

Item Type: Article
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
Depositing User: KOMANG AYU SEPTIARI
Date Deposited: 06 Feb 2025 05:03
Last Modified: 06 Feb 2025 05:03
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/5684

Actions (login required)

View Item View Item