ISI Denpasar | Institutional Repository

PENDIDIKAN TINGGI SENI (PERIHAL FUNGSI DAN PERANANNYA DALAM MASYARAKAT DAN BANGSA)

I Made, Bandem (2001) PENDIDIKAN TINGGI SENI (PERIHAL FUNGSI DAN PERANANNYA DALAM MASYARAKAT DAN BANGSA). Mudra (JURNAL SENI BUDAYA), 10. p. 1. ISSN 0854-3461

[img]
Preview
PDF (PENDIDIKAN TINGGI SENI (PERIHAL FUNGSI DAN PERANANNYA DALAM MASYARAKAT DAN BANGSA)) - Published Version
Download (173kB) | Preview

Abstract

Prolog Tanpa hambatan apapun, waktu terus bergulir, dan mengantarkan kita semua pada perubahan demi perubahan dan kenyataan, bahwa kita berada di abad XXI. Sebuah abad juga sebuah era yang ditandai dengan hiruk pikuk, goncangan-goncangan yang menggoyang seluruh seni dan sector kehidupan, baik kehidupan social, politik, ekonomi, keamanan, dan kebudayaan. Kita semua tiba-tiba merasa harus berpacu lebih cepat dengan sang waktu. Bersamaan dengan itu kita juga dihadapkan pada ketegangan, kecemasan, ketidakpastian. Barangkali, memang itulah harga yang harus dibayar untuk menuju kehidupan yang lebih demokratis. Ditengah ketegangan, kecemasam dan ketidakpastian itu, barangkali kita bertanya, apa yang dapat menghibur atau meneduhkan pikiran dan hati yang kacau ini? Apalagi yang dapat memberikan ketenangan dan kejernihan hati yang galau ini? Jawabnya barangkali adalah kesenian atau karya-karya seni. Memang, seniman dan karya seninya sesungguhnya memiliki potensi yang tersembunyi sebagai media katalisator. Karya seni menyimpan potensi sebagai media untuk memancing kesadaran, dan seterusnya mampu memberikan pencerahan estetika maupun pencerahan intelektual. Di tengah padang kerontang pergolakan sossial, di tengah sahara politik yang tampak panas dan terbakar, atau di tengah ekonomi macet, kesenian barangkali dapat merupakan oase dan cahaya yang meredupkan dan meneduhkan hati serta pikiran yang galau.

Item Type: Article
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Publication Unit > Journal > Mudra Journal
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2011 03:10
Last Modified: 15 Jun 2011 03:10
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/862

Actions (login required)

View Item View Item